Senin, 30 April 2012

Kisah Lupis dan Cenil di Minggu Pagi



G' kerasa banget hari ini tanggal 30 April dan jadi tanggal terahir di bulan April. Awal bulan ini Alhamdulillah bisa pulang ke tanah kelahiran,, yeaaaay!! pulang ke Bandar Lampung. Tentunya Mamam, Rama, Lady sudah menanti. Tanggal 6 April kebetulan tanggal merah, dan kakang* lagi libur. Jadi hari Jumat pagi itu sempetin buat Rainbow Cake pesenanya Vendry sebelum di jemput kakang dan lala sang calon kaka ipar, muwehehehheee... hari itu gw buat muffin lumayan banyak, selain untuk kasi bonus sekalian tester ke Vendry tapi juga untuk bekel selama di perjalanan. Ternyata ada Adi yang ikut pulang ke Lampung, jadilah hari itu sepanjang perjalanan kita berempat, sedangkan Daddy, Sistah, dan A' Aji berangkat Sabtu malam.
(panggilan kakak laki-laki dalam bhs. sunda)

Sekitar jam 21.00 kita sampe di rumah, tapi sebelumnya anterin Adi sama Lala pulang ke rumah mereka masing-masing, alhamdulillah perjalanan lancar. Baru buka pager langsung di sambut pelukan dan sun basah dari Rama,,,muahahahaahaha.. anak kecil tengil itu udah makin besar aja. Sama kaya anak kecil pada umumnya, baru dateng langsung menggeledah isi tas.

"Bawa apa Bunda?" (Sambil sibuk liat isi tas)
"Ada piyama Elmo sama Thomas untuk Ade"
"Manaaa.. Ade liaat doong" (Dengan mata berbinar)
"Sebentar yaah... coba bunda cari dulu... ini diaaa"
"Ahhh... Makasih ya Bunda.. makasih...makasih..." (daper bonus peluk dan sun basah lagi,,hahahhaaa...)
"Sama-sama,,, ini untuk teteh Lady bunda kasi Shampo kids rasa jeruk botol paling besar"
"Makasi Bunda" (Senyum-senyum malu)


Tau doong kalau sampai rumah suasana langsung riweuh, ya nyokap yang langsung ngajak cerita, nyuruh mandi, makan, ya Rama yang mau bongkar tas dan dan langsung semangat ngajak gw ke kamar karna dia ingin malam itu langsung di pake piyama Elmonya. Suasana yang selalu buat gw kangeeeen akan kehebringan rumah.

Langsung minta di foto sama piyama Elmo
Hari Sabtu jalan-jalan sama Kakang, Lala, Rama, dan Lady kita makan donat dan beli beberapa camilan untuk bekel pulang besok siang. Terus beli oleh-oleh keripik pisang coklat di toko Yen-Yen yang lokasinya ada di Teluk Betung. Di Yen-Yen ini g' sekedar keripik pisang aja, tapi dari mulai kopi, kemplang, sambel, dan oleh-oleh khas Sumatra lainnya.

Kemudan kenyaang -____-'
Semangat makan donat coklat





















Hari Minggu subuh sama kaya Sabtu subuh kemaren, pagi itu Rama yang bangunin semua yang masih tidur.

"Bundaa..bangun bunda..banguun.." (Persis di samping tempat tidur sambil bisik-bisik)

So sweeett...masih dengan piyama elmonya yang kekeuh di pake 2 kali. Seperti biasanya nyokap udah di dapur sibuk buat segala macem. Hari itu udah ada rencana untuk buat muffin, dan hari itu juga bantuin nyokap buat lupis dan cenil. Jajanan pasar kesukaaann gw. Aaaaaaaak... apalah yang g' gw suka.. Ppppffffft..
*Tatap perut* -_________- 

Sambil siapin bahan-bahan untuk Muffin, Rama paling semangaat doong..
"Buat kueh otat Bunda...Rama bantu-bantu Bunda doong"
Sambil ngikut kemana gw bergerak kesan-kemari nimbangin bahan-bahan.
"Boleeh,, nanti Ade taro cup muffin sama taburin chocolate chips di atasnya ya"
"Boleehh..."















Sambil buat muffin, Mamam masih buat cenil, yang lagi proses di rebus. Karna sedikit lupa dengen proses buatnya. Di dapur kita sambil ngobrolin cara buat si cenil. Buat lupis lebih mudah dari pada cenil. Baiklah ini langsung aja di kasih resep dan cara buatnya.

Lupis
Bahan Lupis Ketan :

  • ketan putih, cuci, tiriskan
  • daun pisang untuk pembungkus

Kelapa Lupis Ketan :

  • 1/3 butir kelapa diparut kasar
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Saus Gula Lupis Ketan :

  • 200 gr gula merah, diiris halus
  • 50 gr gula pasir
  • 2 lembar daun pandan (sobek memanjang kemudian ikat simpul)
  • 125 ml air
  • Bisa juga di tambahkan nangka yang di potong dadu

Cara Membuat :

  1. Buat kerucut dari 2 lembar daun pisang, isikan kurang lebih 3 sendok makan ketan, pipihkan, lipat, dan sisipkan sisa daun ke bawah hingga membentuk segitiga, semat dengan lidi. Atau bisa juga di lilit dengan benang kasur supaya daun isang g' terbuka saat di kukus.
  2. Tata bungkus lupis dalam panci, beri air hingga semuanya terendam, rebus kurang lebih 3 jam. Kalau nyokap biasanya di rice cooker atau majic jar. Hahahhaa,, karna g' akan gosong karna kehabisan air.
  3. Kelapa : campur kelapa parut dan garam, kukus kurang lebih 5 menit supaya tahan lama.
  4. Saus Gula Merah : rebus semua bahan hingga kental lalu saring. Tingkat kekentalan saus bisa di sesuaikan dengan selera masing-masing.
  5. Angkat, dinginkan lupis, buka dari bungkusan pisang, balut dengan kelapa parut dan sajikan dengan saus gula merah.


Cenil
Bahan Kue Cenil:

  • 275 gram tepung sagu
  • 100 ml air mendidih
  • pewarna sesuai selera
  • 100 gram gula pasir untuk ditaburkan

Kelapa Kue Cenil :

  • Sama seperti lupis

Cara Membuat :

  1. Cairkan 1 sendok makan tepung sagu dengan 2 sendok makan air dingin, tuang dan aduk dengan 100 ml air mendidih sampai kental, dinginkan. masukkan sisa tepung sagu sambil diaduk-aduk hingga adonan dapat dibentuk. Bagi adonan sesuai warna yang dipilih, bentuk bulat panjang, diameter 1 cm,kemudian iris dengan pisau
  2. Didihkan air yang banyak, masukkan adonan sedikit demi sedikit. Setelah mengapung dan matang, angkat, tiriskan. Gulingkan dalam parutan kelapa, sajikan dengan taburan gula pasir, atau bisa juga di sajikan bersama lupis dan saus gula merah.
Perpaduan Muffin dan Jajanan Pasar di Minggu pagi

Jadilah Minggu pagi itu kita sarapan muffin coklat favoritnya Rama, dan juga pisang goreng, lupis, dan kue cenil. Begitu sarapan siap, Daddy, Sistah , dan A' Aji (calon kaka ipar) tiba juga di rumah,, muweheheheheheee...

Sambil main Thomas, Muffinya g' lepas

Rasanya seneeeeng banget semuanya kumpul. Lusa kita udah ada di kota masing-masing, untuk kembali ke rutinitas masing-masing pula. Sistah di Bandung, Kakang di Surabaya, gw di Jakarta, Daddy di Sumedang, Mamam, Lady, Rama di Lampung. Harapan gw semoga paling lama ahir tahun ini semua ngumpul lagi di Bandung. Terutama Mamam, Lady, Rama..Amin..

Selamat mencoba resepnya yaaa.. ^_^ 

Tidak ada komentar: